Sharing Pengalaman Tes PT PAMAPERSADA NUSANTARA dan Contoh Soal-Soalnya

Nakhodaku.com - pengalaman tes PT Pama. Apa yang kalian pikirkan ketika mendengar kata "PAMA" ? Sebagian besar kawan-kawanku di kuliah pasti langsung menjawab : salah satu perusahaan tambang terbesar di Indonesia.

Ya, kata "pama" sangat familiar di telinga kawan-kawanku kuliah di Polines. Tak hanya tahu, bahkan banyak teman-temanku yang mempunyai cita-cita kalau sudah lulus kuliah mau bekerja di pama. Selain itu, banyak juga kakak kelasku di polines yang kerja disana. Oleh karena itu banyak teman-temanku yang kepengen bergabung ke PT. Pama.

Ada yang karena berharap mendapat gaji yang besar (secara, sektor tambang gitu looh..) ada pula yang memang sejak awal punya keinginan bekerja di sektor tambang. Pokoknya macam-macamlah latar belakangnya.

Oke, kali ini nakhodaku mau sharing pengalaman tes PT. PAMA PERSADA NUSANTARA bulan november 2016 kemarin di Politeknik Negeri Semarang. Sebelumnya kenalan aja dulu ya tentang perusahaan PAMA. Pasti banyak juga teman-teman yang belum tahu tentang pama. Cekidot..

Sharing Pengalaman Tes PT. PAMAPERSADA NUSANTARA
Tes PT. Pamapersada Nusantara
PT Pamapersada Nusantara (PAMA) adalah anak perusahaan milik PT United Tractors Tbk, distributor kendaraan konstruksi berat Komatsu di Indonesia. PT Astra Internasional Tbk, pemilik saham utama PT United Tractors Tbk, merupakan salah satu perusahaan terbesar dan terkemuka di Indonesia.  (sumber : www.pamapersada.com)

Sekarang sudah tahu kan...apa itu pama dan bagaimana status dari PT. PAMA ? Jadi Pama adalah anak perusahaan United Tractor yang merupakan anak perusahaan Astra Internasional. So, bisa dibilang bahwa PT. PAMA itu cucunya ASTRA. hehe

Kayaknya sudah cukup kenalannya, sekarang aku mau sharing mengenai tes PAMA. Jadi,menurut staff HRD Pama yang presentasi sebelum tes dimulai, tahap-tahap yang ada pada rekrutmen pegawai baru pama adalah :

  • Psikotest
  • Interview HRD
  • Interview User
  • Interview General Manager
  • Medical Check Up
Oke, aku akan coba jelasin masing-masing tahapnya.

1#. Psikotes
Pada tahap ini, sebenarnya soal psikotes pama kurang lebih sama dengan soal psikotes perusahaan lain. Secara umum soal-soalnya meliputi : sinonim dan antonim, padanan kata, silogisme, aljabar, rotasi kubus dll
  • Sinonim dan Antonim kata
Contoh soal sinonim kata nya seperti ini :
1. LEGITIMASI = . . . . . .
   A.  Penghubung
   B.  Pengaturan
   C.  Pengikat
   D.  Pengesahan
   E.  Pengendalian

2. AFIRMASI = . . . . . .
   A.  Penerbitan
   B.  Perlakuan
   C.  Penegasan
   D.  Penentuan
   E.  Penekanan
3. HIBRIDASI = . . . . . .
   A.  Penyuburan
   B.  Penyilangan
   C.  Peristirahatan
   D.  Penjaringan
   E.  Unggulan

Contoh soal antonim kata :
1. PEMUPUKAN >< . . . . . .
   A.  Rehabilitasi
   B.  Reboisasi
   C.  Penggundulan
   D.  Defertilisasi
   E.  Renovasi
2. HIRAU >< . . . . . .
   A.  Lupa
   B.  Ingat
   C.  Lalai
   D.  Kolase
   E.  Acuh
3. KASAR >< . . . . . .
   A.  Gradasi
   B.  Kasap
   C.  Rata
   D.  Lembut
   E.  Halus

  • Padanan Kata
1. KOMPOR : API = _____ : _____ 
   A.  Pohon : Buah
   B.  Kipas : Angin
   C.  Jalan : Macet
   D.  Lemari : Es
   E.  Palung : Gua
2. BAWANG : SIUNG = _____ : _____ 
   A.  Telur : Butir
   B.  Buku : Lembar
   C.  Kain : Meter
   D.  Pakaian : Kodi
   E.  Kertas : Kilogram
3. BELAJAR : PANDAI = _____ : _____ 
   A.  Potret : Kamera
   B.  Rajin : Bodoh
   C.  Litografi : Batu
   D.  Berpikir : Arif
   E.  Cetak : Kertas
  • Silogisme

1. Tidak ada pemalas yang sukses. Semua yang sukses sejahtera hidupnya. Jadi . . .

A. Sebagian pemalas tidak sukses.
B. Tidak ada pemalas yang sejahtera hidupnya.
C. Semua pemalas sukses.
D. Sebagian yang sejahtera hidupnya bukan pemalas.
E. Semua pemalas sejahtera hidupnya

2. Semua yang memabukkan adalah haram. Alchohol adalah minuman yang memabukkan. Jadi . . .

A. Sebagian Alchohol memabukkan.
B. Sebagian Alchohol haram.
C. Semua Alchohol memabukkan.
D. Alchohol tidak haram.
E. Alchohol haram

3. Toni adalah orang desa. Toni bekerja sebagai buruh di sebuah pabrik. Banyak buruh-buruh yang malas. Malik adalah teman Toni. Jadi . . . .

A. Malik mungkin sedesa dengan Toni.
B. Teman-teman Toni semuanya malas.
C. Malik adalah orang kota.
D. Malik itu malas.
E. Toni itu malas.

  • Aljabar
1. Jika x2 + y2 = 5 dan xy = 2, maka x + y = . . .
A.  0
B.  2
C.  -3
D.  3 dan -3
E.  3

2. Jika X dan Y bilangan bulat yang memenuhi 6 < X < 8 dan 7 < Y < 9 , maka . . .
A.  2X > 2Y
B.  X = 2Y
C.  X < Y
D.  X = Y
E.  X > Y

  • Soal Deret Angka
1.  2, 4, 4, 7, 8, 10, ….

A.  16 dan 15 D.  15 dan 13
B.  16 dan 13 E.  15 dan 14
C.  16 dan 14

2.  3, 8, 13, 18, 23, …., ….

A.  28 dan 34 D.  28 dan 33
B.  28 da 38 E.  38 dan 43
C.  33 dan 38
  • Rotasi Kubus

 Soal : Jika gambar diatas diputar, manakah gambar di bawah ini yang identik dengan gambar diatas ?

Baca Juga : Berbagi Cerita Pengalaman Tes PT. PLN Tahun 2016

Selain soal-soal psikotes umum diatas, juga ada Warteg tes, Tes Pauli, Gambar Pohon dan Gambar Manusia. Penjelasan untuk tes-tes ini sebenarnya sudah pernah aku bahas di artikel pengalaman tes PLN. Namun, untuk memudahkan saya tulis lagi di bawah ya
  • Warteg Test
Dalam tes ini, kawan-kawan akan diminta meneruskan titik/garis yang ada di 8 kotak menjadi sebuah gambar utuh yang mempunyai makna. Misal menjadi gambar hewan, tanaman, gedung dsb. Kita juga diberi kebebasan untuk mulai menggambar dari kotak mana saja, setelah itu diberi nomor 1 sampai 8 sesuai urutan gambar yang kita buat.

Setiap kotak juga diberikan nama/judul gambar yang kita buat. Kemudian, kita diminta untuk memberikan tanda plus (+) terhadap gambar yang paling kita sukai dan memberikan tanda minus (-) untuk gambar yang paling tidak kita sukai. Selain itu juga diminta untuk memberikan tanda (M) untuk gambar yang kita anggap paling mudah dan memberikan tanda (S) untuk gambar yang kita anggap paling sulit untuk digambar.
  • Menggambar pohon
 Peserta diminta menggambar pohon berkambium, bercabang, berakar, dan berbuah. Ditampilkan pula contoh nama-nama pohon yang tidak boleh digambar (seperti: pohon kelapa, pohon beringin, pohon palem dll). Kemudian setelah digambar, diberi nama pohon yang digambar dibagian atas/bawah kertas.

Kalau saya kemarin menggambar pohon mangga lengkap dengan batang, akar, daun dan buahnya secara jelas dan lengkap serta senyata mungkin seperti aslinya, walaupun gambarnya nggak bagus-bagus amat sih.
  • Menggambar orang
Peserta diminta menggambar seeorang yang sedang melakukan suatu pekerjaan. Setelah digambar diberikan keterangan siapa dan apa yang dilakukan. Selanjutnya ditulis juga 3 poin kelebihan & kekurangan orang yang digambar tersebut. Saya kemarin menggambar diri saya sendiri sebagai teknisi yang sedang mengawasi proyek/pekerjaan. Saya asumsikan 5 tahun ke depan saya telah menjadi supervisor dan mempunyai tanggung jawab yang besar di dalam suatu proyek pekerjaan yang penting bagi perusahaan.
  • Tes Pauli
Tes terakhir ini adalah tes yang paling saya benci karena tanganku pegelnya minta ampun
i dibuatnya. Tes ini disajikan dalam bentuk angka 0-9, secara vertikal, dalam kertas A2 bolak-balik. Pengerjaannya sekitar 1 jam dan setiap beberapa menit diminta untuk menggaris angka yang terakhir kita kerjakan.Tes Pauli dilakukan untuk mengetahui sisi ketelitian, kecepatan bekerja, konsistensi, dan ketahanan kerja.

Waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan soal psikotes PAMA kurang lebih 4 jam. Kemain, ketika aku ikut tes, mulai mengerjakan pukul 9 dan selesai pukul 13.00 WIB. Setelah selesai mengerjakan Psikotes PAMA, Para peserta tes dipersilahkan untuk Istirahat, makan, sholat (Imashol). Pengumuman peserta yang lolos ke tahap interview HRD diumumkan pukul 14.30 WIB di depan Ruang Serba Guna Polines (Lokasi Tes)

Cerita Pengalaman Tes Kerja PT.Cikarang Listrindo Power Company

2# Interview HRD

Setelah selesai makan dan sholat serta istirahat sejenak, tak terasa sudah pukul 14.30 WIB. Aku pun bergegas menuju lokasi pengumuman. Alhamdulillah aku lolos..

Ternyata, peserta yang lolos menuju tahap interview HRD sangat banyak sekali. Seingatku, jumlah peserta yang ikut psikotes ada 93 orang dan yang lolos ke interview HRD ada 76 orang. Artinya, hanya ada 17 peserta yang gugur.

Sembari menunggu giliran maju untuk interview, para peserta diminta untuk mengerjakan soal Papikostik dan soal buku pama (lupa nama bukunya). Kalo soal papikostik terdiri dari 100 nomor, setiap nomor berisi dua pernyataan. teman -teman diminta memilih yang paling sesuai dengan kepribadian. Tes ini dilakukan untuk mengetahui kepribadian seseorang dan kecocokan karakter terhadap pekerjaan yang dilamar.

Kalo soal buku pama itu ada satu pernyataan trus kita disuruh mengisi "Sangat sesuai, Sesuai, Tidak Tahu,Tidak Sesuai dan Sangat Tidak sesuai". Kita tinggal pilih kelima pilihan tersebut sesuai pernyataan yang ada.

Selain itu, peserta juga diminta mengisi form biodata. Nah...dari form biodata ini, interviewer akan akan membedah isi CV yang kamu isi. Formnya berisi tentng informasi profil diri, keluarga, pendidikan dari SD-kuliah, Pengalaman Organisasi, Pengalaman Kerja, Permintaan gaji dan lain sebagainya..

Sekedar saran buat teman-teman, kalo mengisi form tersebut, usahakan sesederhana dan senyata mungkin. Nggak usah bohong atau dilebay-lebaykan. Karena kalau terbukti bohong ketika dibedah saat wawancara, itu dapat menjadi poin yang sangat buruk untuk kalian.

Cerita Pengalaman Pertama Wawancara Kerja di PT.Djarum

Kalo masalah kolom permintaan gaji, karena di tempat kerjaku sebelumnya aku diberi gaji pokok 4 juta, ya aku ngisi permintaan gaji 4,5-6 juta. Menurutku nggak terlalu besar untuk ukuran perusahaan tambang. Sebenarnya aku malas kalo diberi pertanyaan "mau digaji berapa ?"

Di satu sisi, aku pengen dapat gaji yang besar tapi di sisi lain aku sadar bahwa aku saat ini belum bisa memberikan kontribusi yang maksimal ke perusahaan. Paling-paling kalau ditanya saat wawancara, aku jawab : "kalau masalah gaji, saya ikut kebijakan perusahaan saja. Saya yakin perusahaan sebesar Pama, pasti mengetahui berapa gaji yang sesuai untuk pegawai baru fresh graduated seperti saya".

Tapi karena diminta menulis permintaan gaji secara "angka" ya tak tulis seperti diatas.

Total waktu interview HRD pama yang aku lakukan sekitar 40 menit. Ada juga temenku yang cuma 20 atau 30 menit. Berbeda-beda untuk masing-masing peserta. Mungkin tergantung dengan jawaban yang kita berikan.

Sampai saat ini, aku belum dihubungi lagi oleh pihak PAMA. Kata panitianya sih kalau memang lolos, sekitar 2 minggu - 1 bulan lagi dihubungi untuk kemudian maju ke tahap interview User di Jakarta.

Oke sekian cerita pengalamanku tentang tes PT. PAMA PERSADA NUSANTARA. Semoga bisa memberi gambaran untuk teman-teman yang mau ikut tes pama. Semoga bermanfaat . . . 

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Sharing Pengalaman Tes PT PAMAPERSADA NUSANTARA dan Contoh Soal-Soalnya"

Bgkit Farid said...
This comment has been removed by the author.
Bgkit Farid said...

Terimakasih sebelumnya gan

Unknown said...

Yuk di mainkan di zoyaqq,dan bawa pulang Jutaan rupiah lainnya !
casinoKeunggulan Bermain di ZoyaQQ :
- Proses Depo & WD Tercepat
- Minimal Depo & WD yang hanya Rp 20,000
- Pelayanan CS yang Ramah & INSPIRATIF, Pastinya Siap Membantu 24 Jam
------------------------------------------------------------------------------------
Ditambah Dengan Adanya Promo Bonus Boss ^^
* Bonus Rollingan * Bonus Referral ------------------------------------------------------------------------------------
Contact Info :
Pin BBM: 2BE5BC31
Facebook: Zoya QQ
Yahoo: zoyaqqcs
Phone: +855 15 370075
WeChat: ZoyaQQ
WhatsApp: +855 15370075
LINE: zoyaqq
Kami tunggu untuk bergabung di website kami ya bossku ^^
Salam ZoyaQQ😍😍😍😍

abik farel said...

Bermanfaat gan ane juga mau tes di pama soal nya

ayu lestari said...

alhamdulillah terima kasih gan sangat membantu :)

sinyo stivana said...

Kepada Yth. HCD Department PT. Pamapersada Nusantara, saya RIAN NUSA ANGGARA di KUDUS, jawa tengah,umur 24 tahun,lulusan teknik mesin Otomotif SMK N 2 Kudus lulusan 2012,saya ingin bekerja di PT PAMAPERSADA. Pengalaman kerja PT (PAMA PERSADA NUSANTARA) Th.2012-2013,saya siap bersaing dalam dunia kerja.mohon informasinya jika ada penerimaan kerja di PT.PAMAPERSADA NUSANTARA.sebelumnya terimakasih Sinyostivana.ss@gmail.com