6 Qasidah Sholawat Karya Habib Rizieq Syihab yang Dipopulerkan Oleh Habib Syech, Nomor 3 Paling Terkenal..

Nakhodaku.com - Qasidah sholawat karya Habib Rizieq. Dibalik sosoknya yang tegas dan keras, Habib Rizieq Syihab, Imam besar Organisasi Masyarakat Front Pembela Islam (FPI) ternyata memiliki jiwa seni yang tinggi.

Sosoknya yang selalu digambarkan garang oleh media-media mainstream membuat banyak orang termasuk umat islam sendiri menjadi takut dan resah dengan kehadiran beliau. Bahkan, jika beliau sedang mengadakan pengajian di daerah-daerah selalu saja ada orang yang mengatasnamakan ormas islam, menolak kehadiran beliau karena dianggap selalu menyebarkan paham kekerasan dan melakukan ceramah provokatif.
Qasidah sholawat karya habib rizieq

Qasidah Sholawat Karya Habib Rizieq Syihab

Namun, siapa sangka ? Meski banyak media dan tokoh-tokoh nasional menggambarkan beliau sebagai penyebar kerusuhan dan kebencian, ternyata beliau juga memiliki beberapa karya yang sangat digandrungi oleh para pecinta sholawat.

Setidaknya ada 6 Qasidah sholawat karangan Habib Rizieq yang dipopulerkan Oleh Habib Syech (salah seorang ulama yang fokus menyebarkan sholawat). Kali ini, Nakhodaku mau sharing tentang hal tersebut.

1. QASIDAH SHOLAWAT MEDAN JUANG ISLAM

Qasidah ini dikarang oleh Habib Rizieq untuk menjelaskan kepada umat islam tentang 3 jenis medan juang islam yaitu Dakwah, Hisbah dan Jihad. Dalam beberapa ceramah habib rizieq, memang sering sekali beliau menjelaskan tentang pembagian medan juang islam.

Melalui qasidah sholawat ini, beliau ingin menjelaskan kepada masyarakat umum tentang pengertian dakwah, hisbah dan jihad. Bagaimana cara penerapannya dan bagaimana cara menyikapi jika terdapat ulama yang berbeda dalam medan perjuangan di jalan Allah.

Untuk medan juang pertama yaitu dakwah, sudah banyak sekali ulama yang berjuang di medan ini. Sedangkan, medan juang hisbah (mencegah keburukan) saat ini juga sudah lumayan banyak contohnya adalah Habib Rizieq dengan FPInya, Banser, Hizbul Wathan dll. Sedangkan untuk jihad, walau secara pembagian medan juang ada, namun untuk praktiknya untuk saat ini tidak ada di Indonesia.

LIRIK QASIDAH MEDAN JUANG ISLAM
Ciptaan Habib Rizieq Syihab

*Astaghfirulloh Robbiyasy Syakuur
Astaghfirulloh Robbiyash Shobuur...2x

*Astaghfirulloh Robbiyal Ghofuur
Astaghfirulloh min Kulli Ghuruur....2x

* Medan Juang Islam adalah Tiga
Mesti di ingat jangan di lupa.....2x

* Pertama DA'WAH kedua HISBAH
Ketiga JIHAD FISABILILLAAH....2x



2. QASIDAH ALFA MABRUK (Selamat Ulang Tahun Versi Islam)

Qasidah ini dikarang oleh Habib Rizieq dilatar belakangi oleh keprihatinan beliau dengan umat islam yang justru senang menyanyikan lagu selamat ulang tahun dengan nada lagu gereja. Beliau mengetahui hal tersebut karena, Habib Rizieq dahulu pernah sekolah di SMP Kristen. Setiap pagi sebelum pelajaran dimulai, selalu menyanyikan lagu gereja denga nada seperti lagu selamat ulang tahun.

Qasidah Alfa Mabruk berisi doa meminta keberkahan dan meminta turunnya rahmat dari Allah untuk orang yang sedang ulang tahun.

Sebenarnya, Habib Rizieq Syihab sudah mengarang syair Qasidah tersebut sudah cukup lama namun qasidah tersebut hanya dikenal di jamaah majlis taklim dan pengajian Habib Rizieq sekitar Jabodetabek saja.

Oleh karena itulah, Habib Rizieq meminta tolong kepada Habib Syech yang dikenal mempunyai jutaan penggemar di seluruh dunia untuk membantu mempopulerkan Qasidah "Alfa Mabruk" ini kepada umat islam seluruh wilayah Indonesia karena Habib Syech mempunyai jamaah sholawat yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia bahkan luar negeri.

LIRIK QASIDAH ALFA MABRUK

Mabruuk alfa mabruuk 'alaika mabruuk
Mabruuk alfa mabruuk yawm miiladik mabruuk

Selamat hari milad
Semoga dapat rahmat
Dari Allahu Ahad
Hingga hidup selamat

Selamat ulang tahun
Semoga berkah turun
Dari Allah Pengampun
Sehingga hidup rukun
Baca Selengkapnya : tentang Qasidah Alfa Mabruk

3. QASIDAH SHOLAWAT KISAH SANG RASUL

Bagi kalian para pecinta sholawat pasti sudah tak asing lagi dengan qasidah yang satu ini. Hampir setiap kali pengajian sholawat Habib Syech pasti selalu mengumandangkan qasidah ini. Saking terkenalnya, dalam salah satu acara televisi ramadhan kemarin menayangkan tentang anak kecil yang hidup di lereng gunung Prau, Wonosobo menyanyikan Qasidah sholawat kisah sang rasul.

Qasidah sholawat kisah sang rasul berisi tentang kisah hidup Rasulullah SAW dalam menyampaikan wahyu. Dimulai dari perkenalan tentang keluarga beliau, kisah kelahiran beliau hingga beliau akhirnya ditunjuk sebagai Rasul.

Banyak yang mengira bahwa qasidah ini dikarang oleh Habib Syech Assegaff. Namun, sebenarnya Qasidah ini dibuat sejak pada tahun 1999. Dan mulai dibawakan oleh Duet Laskar Cilik FPI Hadi dan Syaugi melalui Album "Ayo Sholawat" pada tahun 2000. Penulis tidak mengetahui secara pasti apakah yang menggubah pertama kali adalah Habib Rizieq atau bukan namun sejak tahun 2012, Ustadz kembar Adi dan Alwi selalu mengumandangkannya ketika diadakan Majelis Rutin Bulanan di Petamburan.

Kini, Sholawat Kisah Sang Rasul selalu menghiasi berbagai acara yang diadakan oleh umat islam di seluruh penjuru Nusantara. Bahkan, qasidah ini seakan-akan menjadi lagu wajib ketika diadakan acara Maulid Nabi.


LIRIK QASIDAH KISAH SANG RASUL


راحت الأطيار تشدو بليالي المولد
وبريق النور يبدو من معاني أحمد
في ليالي المولد

Rohatil Athyaaru Tasyduu
Bi Layaalil Mawlidi
{ Burung-burung berkicau bahagia di malam kelahiran Nabi }

Wa Bariiqun Nuuri Yabdu
Min Ma'aanii Ahmadi
Fii Layaalil mawlidi
{ Dan kilatan cahaya terpancar penuh makna dari Ahmad Sang Nabi di malam kelahirannya }

Bait 1 :
Abdullah nama ayahnya
Aminah ibundanya
Abdul Muthallib kakeknya
Abu Thalib pamannya
Khadijah istri setia
Fathimah putri tercinta
Semua bernasab mulia
Dari Quraisy ternama

Inilah kisah Sang Rasul
Yang penuh suka duka 2x

Oh penuh suka duka 2x

Baca Selengkapnya : Sejarah Sholawat Kisah Sang Rasul
4. QASIDAH SHOLAWAT CINTA KERABAT DAN SAHABAT
Habib Rizieq prihatin dengan perkembangan paham syiah di tengah kalangan ahlussunnah wal jamaah Indonesia. Kelompok syiah membawa ajaran yang tidak sesuai dengan paham yang diyakini oleh mayoritas umat islam Indonesia yang berpaham sunni.

Kelompok syiah ini mengajarkan untuk membenci para sahabat Rasulullah Saw. Mereka meyakini bahwa para sahabat telah berkhianat kepada Sayyidina Ali ra. karena mengambil jabatan khalifah sepeninggal Rasulullah saw.

Untuk menangkal bahaya paham syiah di kalangan umat islam Indonesia, maka Habib Rizieq menggubah qasidah cinta kerabat dan sahabat ini untuk menceritakan perjuangan para sahabat dalam membela Rasulullah Saw dan Islam.

Walaupun sempat ada perselisihan di kalangan sahabat, tidak selayaknya kita mencaci maki para  
sahabat, karena tanpa mereka tidak mungkin islam datang ke Indonesia dan sampai ke kita semua.

Habib Rizieq lalu memberikan draft lirik qasidah cinta kerabat dan sholawat ini kepada Habib Syech untuk mempopulerkannya ke seluruh penjuru nusantara. Habib Syech kemudian mengumandangkan qasidah ini di setiap pengajiannya sehingga menjadi populer hingga sekarang.

LIRIK QASIDAH CINTA KERABAT DAN SAHABAT

Sholaatullahima lahaat kawaakib ... 
'alah mad khoiriman rokibaan najaaib ...
(Selagi bintang masih bercahaya, semoga rahmat Allah tercurah kepada nabi Muhammad yang sebaik-baiknya pengendara unta.)

Wahai nabi penutup para anabiya' ...
Muhammad sang pemimpin para atqiya' ...

Sayyiduna abi bakrinis - shiddiq ... 
Engkaulah shohabat nabi yang terbaik ...

Sayyiduna umar ubnul khattabil faruq ... 
Pada Rosul selalu patuh dan tunduk ... 

Sayyiduna utsman ubnu affan dzunnurain ... 
Istimewa berbeda dari yang lain ....

Sayyiduna ali ubnu abi thalib ... 
Gagah perkasa mulia tanpa aib ... 

5. QASIDAH CIRI-CIRI ASWAJA
Qasidah ini berisi tentang siapa itu ahlussunnah wal jamaah (aswaja) dan apa saja ciri-cirinya. Dilatar belakangi oleh maraknya aliran-aliran baru dan aliran sesat yang masuk ke Indonesia. Tak jarang, aliran-aliran baru tersebut mengatasnamakan ahlussunnah wal jamaah untuk menarik simpati umat islam Indonesia. Oleh karena itu, dengan qasidah ciri-ciri aswaja ini dapat memudahkan umat islam untuk mengenal siapa sebenarnya yang termasuk aswaja dan menangkal paham-paham baru yang selama ini mengatasnamakan aswaja.

Qasidah Ciri-Ciri Aswaja yang dibuat oleh Sayyid Hanif Bin Abdurrahman Alathos (pengurus FMI, front mahasiswa islam) yang berasal dari intisari dari pelajaran 101 ciri ASWAJA yg sering disampaikan oleh Habib Rizieq Syihab di berbagai ceramahnya.

LIRIK QASIDAH CIRI-CIRI ASWAJA

صلاة الله سلام الله # على طه رسول الله 
صلاة الله سلام الله # على يس حبيب الله


Wahai muslimin wahai muslimat 
Mari ASWAJA, dipegang kuat
Insya Allah kita selamat
Di dunia juga akhiraat.

Dua mazhab aqidah Sunni
Mayoritas ikut Asy'ari
Banyak juga yang Ma'turidi
Inilah ciri-ciri ASWAJA.

Fiqih ASWAJA mazhabnya empat
Syafi'i Malik Hanafi Ahmad
Ikhtilaf Ummat membawa Rahmat
Inilah ciri-ciri ASWAJA.

Rukun Iman enam jumlahnya
Rukun Islam lima bilangannya
Yang ke tiga ihsan namanya
Inilah ciri-ciri ASWAJA.

Baca Selengkapnya : Download MP3, Video dan Lirik Qasidah Ciri-Ciri Aswaja Habib Rizieq Syihab


6.QASIDAH SHOLAWAT ANTI KORUPSI
Habib Rizieq Syihab membuktikan bahwa beliau tak hanya fokus memerangi kemaksiatan yang ada di masyarakat bawah seperti minuman keras, pelacuran dan narkoba. Namun, beliau juga peduli dengan masalah pelik bangsa Indonesia yaitu masalah korupsi.

Korupsi memang telah menjadi penyakit kronis bangsa Indonesia. Korupsi telah merata di semua sektor pemerintahan dan di semua lapisan masyarakat. Untuk mengingatkan masyarakat tentang bahaya korupsi dan membebaskan bangsa Indonesia dari penyakit korupsi, Habib Rizieq Syihab mengarang qasidah sholawat anti korupsi ini.

LIRIK QASIDAH  ANTI KORUPSI

Sholli wa sallim Daa-iman"alahmada (2x)
wal Aali wal Ash-haabiman qod wahhada (2x)

ISLAM AGAMA YANG BERSIH LAGI SUCI
UMATNYA DILARANG BERBUAT MENCURI
APALAGI KORUPSI,LEBIH JAHAT LAGI
AYO KITA BANGKIT MEMBASMI KORUPSI

Sholli wa sallim Daa-iman"alahmada (2x)
wal Aali wal Ash-haabiman qod wahhada (2x)

BAGAIMANA INDONESIA DIBERKAHI
KALAU PEJABATNYA BANYAK YANG KORUPSI
MEMBERANTASNYA PUN HANYA PILIH-PILIH
AYO KITA BANGKIT MEMBASMI KORUPSI

BACA SELENGKAPNYA : Lirik Qasidah ANTI KORUPSI Karya Habib Rizieq Syihab


Demikian artikel tentang 6 qasidah sholawat karya habib rizieq syihab. Hal ini membuktikan bahwa Habib Rizieq tak hanya memperjuangkan islam di medan "hisbah" saja, namun beliau juga mempunyai banyak karya di bidang dakwah. Semoga bermanfaat..

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "6 Qasidah Sholawat Karya Habib Rizieq Syihab yang Dipopulerkan Oleh Habib Syech, Nomor 3 Paling Terkenal.."

eventiqbal said...

SubhanAllah begitu indahnya syair2 beliau semoga sehat dan panjang umur untuk guru habib rizieq shihab..aamiin

eventiqbal said...

SubhanAllah begitu indahnya syair2 beliau semoga sehat dan panjang umur untuk guru habib rizieq shihab..aamiin