Ternyata Inilah Alasan Kenapa Syarifah (Wanita Keturunan Rasulullah Saw) Dilarang Menikah dengan Laki-Laki Biasa

Nakhodaku - Syarif dan Syarifah merupakan sebutan untuk anak cucu keturunan Rasulullah Saw. Di sejumlah daerah ada juga yang menyebut dengan sebutan "Habib" dan "Habibah" (wanita). Mereka semua adalah keturunan yang mulia karena merupakan darah daging dari manusia paling mulia yaitu Nabi Muhammad Saw.
Alasan Kenapa Syarifah (Wanita Keturunan Rasulullah Saw) Dilarang Menikah dengan Laki-Laki Biasa
Saat ini, jumlah habib dan habibah di dunia sangat banyak sekali. Diperkirakan di Indonesia terdapat sebanyak 1,2 juta orang yang masih hidup yang berhak menyandang sebutan ini. Berdasarkan catatan organisasi yang melakukan pencatatan silsilah para habib ini, Yayasan Ar-Rabithah : ada sekitar 20 juta orang di seluruh dunia yang dapat menyandang gelar sayyid dari 114 marga. Namun, hanya keturunan laki-laki saja yang berhak menyandang gelar habib.

Ada sejumlah pertanyaan di masyarakat Apakah benar seorang Syarif harus menikah dengan seorang Syarifah ? Apakah keturunan Rasulullah saw harus menikah dengan sesama keturunan Rasulullah Saw ? Berikut adalah penjelasan yang disampaikan oleh Almaghfurillah Habibana Mundzir Al Musawwa tentang alasan kenapa Syarifah (Wanita Keturunan Rasulullah Saw) Dilarang Menikah dengan Laki-Laki Biasa :

Saudaraku yg kumuliakan,
Imam Syafii dan Madzhab Syafii berpendapat bahwa pernikahan antara keturunan Rasul saw dengan yang bukan dzurriyah adalah tidak kufu, Imam Syafii juga menganggap tidak kufu pernikahan antara orang miskin dan orang kaya,
Mengapa? jangan berprasangka buruk dulu terhadap Imam besar ini, sungguh Imam Syafii melihat ketika seorang wanita miskin menikah dengan pria yg kaya, maka sering terjadi sang wanita tersiksa, tak terbiasa mengikuti adat suaminya yg mewah, makanannya, cara bergaulnya, maka jadilah si istri terhina dan dianggap kampungan oleh keluarga suami, hal ini hampir selalu terjadi.
Sebaliknya ketika seorang pria miskin menikahi wanita kaya, maka ia tak akan mampu menutupi kebutuhan istrinya, maka istri harus menahan diri dan tersiksa demi menyesuaikan diri dengan pria/suami yang miskin,
Disinilah Imam syafii mengatakan pernikahan seperti itu tidak kufu, demi menjaga kelansgungan asri nya rumah tangga itu sendiri.
Dan juga tentang pernikahan wanita syarifah dg pria yg bukan dzurriyyah akan memutus jalur keturunan Rasul saw, semestinya keturunan Rasul saw dilestarikan dan dijaga, sebagaimana firman Allah swt : "Katakanlah wahai Muhammad, aku tak meminta pada kalian upah bayaran atas jasa ini, terkecuali kasih sayang kalian pada keluargaku" (QS Assyuura 23).
Namun wanita syarifah tetap sah menikah dengan pria yg bukan dzurriyyah bila walinya setuju dan wanita itu sendiri setuju, namun ada pendapat yg mengatakan yg dimaksud walinya adalah bukan ayahnya saja, tapi semua dzurriyah yg ada di muka bumi,
Namun pendapat yg mu'tamad (dipegang) oleh ulama kita saat ini adalah cukup disetujui oleh wanita tersebut dan walinya.
Sumber : http://arsip.majelisrasulullah.org/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternyata Inilah Alasan Kenapa Syarifah (Wanita Keturunan Rasulullah Saw) Dilarang Menikah dengan Laki-Laki Biasa"