Asal Usul Gelar Ajengan di Jawa Barat

Nakhodaku.com - Asal Usul Gelar Ajengan di Jawa Barat. 
Ajengan merupakan julukan/sebutan masyarakat sunda untuk pemuka agama islam / ulama di daerah Jawa Barat (Sunda). Para Ajengan merupakan ahli agama islam yang telah menempuh pendidikan islam selama belasan bahkan puluhan tahun. Mereka menjadi santri di berbagai pesantren di indonesia maupun belajar agama ke negara-negara arab. 

Asal usul gelar ajengan

Mereka yang bergelar "Ajengan" mendedikasikan dirinya untuk beribadah kepada Allah. Menjaga diri dari berbuat dosa dan melayani serta mengajari masyarakat dalam masalah agama. Para Ajengan sangat dihormati oleh masyarakat setempat karena Para Ajengan dijadikan guru dan tempat bertanya mengenai segala permasalahan-permasalahan keumatan.

Para Ajengan kebanyakan sudah mencapai derajat Tajrid. Secara sederhana tajrid menurut Syech Ibn Athailah Asy-sakandari, penulis Tasawuf Hikam (Abad ke 12) adalah pencapaian tingkat hidup dan kehidupan yang mantap dan mapan, baik secara jasmaniah dan rohaniah. Jika seseorang telah mencapai tingkat Tajrid, maka dunia bukan lagi menjadi tujuan, karena kebutuhan (jasmaniah) dalam batas wajar sudah terpenuhi. Salah satu alasan mengapa ajengan tidak lagi mementingkan dunia adalah karena mereka memiliki ilmu berbagai macam rezeki sehingga mereka tidak perlu takut bahwa dengan mendedikasikan diri bagi agama, mereka akan dijauhkan rezeki karena seperti ungkapan Sayyidina Ali bin Abi Thalib bahwa Rezeki itu ada 2 macam, yaitu :" Rezeki yang mencarimu dan Rezeki yang harus engkau cari."

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asal Usul Gelar Ajengan di Jawa Barat"